Minggu, 20 Oktober 2013

Mengapa Saat Naik Mobil Kita Merasa Mual?



Jawaban : Karena keseimbangan tubuh kita berkurang..

   Organ yang berfungsi untuk menjaga keseimbangan disebut organ keseimbangan. Organ ini terdapat di dalam telinga bernama “vestibular”. Saat naik mobil, sebagus apapun mobilnya, saat bergoyang atau ketika dikemudikan dengan liar, mobil lebih bergoyang bukan? Dengan begitu tubuh kita juga ikut bergoyang.
Kalau keadaan ini terus berlangsung vestibular kita akan lelah.
   Saat berjalan keseimbangan tubuh mudah didapat, tapi saat di dalam mobil yang bergerak keseimbangan sulit didapat sehingga vestibular jadi lelah. Saat organ keseimbangan kita berkurang tubuh jadi lelah dan kondisi dalam tubuh jadi kurang baik. Faktor lain  yang membuat kita mual adalah objek di luar jendela yang bergerak dengan cepat. Mata kita akan stress.
   Kalau kita naik mobil van lalu dengan posisi menghadap ke belakang maka rasa mual akan lebih parah. Kalau duduk mengahadap ke depan, objek di luar jendela akan terlihat mendekat sedangkan kalau duduk mengahadap belakang objek akan terlihat menjauh. Jadi mata kita akan lebih lelah dan rasa mualpun lebih parah.
Bagaimana agar tidak mual?
Rasa mual berbeda-beda tiap orang. Kalau sering naik mobil rasa mual bukan lagi masalah. Dan lagi saat naik mobil lebih baik melihat pemandangan yang jauh daripada yang dekat untuk mengurangi rasa mual.


1 komentar: