Selasa, 06 Mei 2014

Kenapa Susu Tidak Dikemas Dalam Botol Plastik?

Jawaban : Karena susu lebih cepat basi

     
Minuman ringan seperti cola atau soda tidak akan berubah rasanya walaupun disimpan selama sebulan, asalkan kemasannya tidak dibuka. Akan tetapi karena susu diperah dari sapi, maka akan menjadi basi jika disimpan selama 7 hari. Karena itu kita harus menyimpan susu didalam kulkas.
  
     Kotak susu terbuat dari kertas karton, sehingga mudah dilipat dan dibuang setelah susu telah habis diminum. Jika susu dikemas dalam botol plastik, maka tidak sampai sebulan pun rumah kita akan penuh dengan botol plastik kosong. Petugas kebersihan pun akan menjadi lebih berat kerjanya. Selain itu harga botol plastik juga lebih mahal daripada kotak karton.

    
Jika susu dikemas dalam botol plastik, maka harga susu juga akan naik dan kita harus membeli susu dengan harga yang mahal. Kemasan karton juga sangat bagus untuk menghambat proses rusaknya susu. Susu mengandung protein yang akan mengeras jika terkena panas. Kaleng minuman yang terbuat dari aluminium merupakan penghantar panas yang sangat baik. Karena itu jika susu dikemas dalam kemasan kaleng aluminium, susu akan menjadi lebih cepat basi.

Mengapa cola tidak dikemas dalam kotak karton?
  Cola merupakan minuman ringan yang mengandung karbonat. Minuman seperti ini bertekanan tinggi sehingga jika dikemas dalam kotak karton maka bisa pecah karena tekanan gas dari dalam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar