Sabtu, 12 Oktober 2013

Manakah yang Lebih Dingin, Kutub Utara atau Kutub Selatan??



Jawaban : Kutub Selatan

   Daratan lebih cepat memanas dan mendingin jika dibandingkan dengan lautan. Karena itu perbedaan suhu di siang dan malam hari cukup besar. Dataran di Kutub Utara dan dataran di Kutub Selatan sedikit berbeda jenisnya. Dataran yang terbentuk di Kutub Utara
terbuat dari es dan dasarnya adalah lautan. Sedangkan dataran es di Kutub Selatan memang terbentuk dari tanah dan batu, bukan sekedar balok es biasa. Karena itu Kutub Utara tidak disebut sebagai benua sebagaimana halnya Kutub Selatan.
   Kalau begitu, manakah yang lebih dingin diantara keduanya? Tentu saja Kutub Selatan lebih dingin dibandingkan Kutub Utara. Suhu rata-rata Kutub Selatan di musim panas adalah -17°C dan -56°C pada musim dingin. Suhu terdingin yang pernah tercatat adalah -88°C. Sedingin-dinginnya Kutub Utara, suhunya tidak pernah lebih rendah dari -50°C.
   Dalam setahun masa paling dingin Kutub Selatan berlangsung selama bulan Juni, berlawanan dengan Kutub Utara yang paling dingin di bulan Januari. Kita dapat mengetahui bahwa Kutub Selatan lebih dingin dibandingkan Kutub Utara dengan membandingkan organisme yang hidup di ekosistemnya. Di Kutub Utara, kaun Eskimo, beruang kutub dan singa laut masih dapat bertahan hidup. Sebaliknya di Kutub Selatan jarang sekali terlihat adanya manusia. Kutub Selatan begitu dingin, sampai-sampai virus influenza tidak mampu hidup, sehingga kita tidak akan terkena flu di Kutub Selatan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar