Minggu, 06 Oktober 2013

Mengapa Kalau Makan Setelah Sikat Gigi Rasanya Menjadi Tidak Enak?


      Kalau di lihat dari mikroskop, pada lidah terdapat bulu-bulu yang saling berdekatan yang membuat lidah dapat merasakan berbagai rasa. Bulu-bulu ini disebut "Tunas Pengecap". Yang membuat kita bisa merasakan rasa makanan yang bercampur di dalam liur sehingga tunas pengecap bisa merasakannya.                                       

  Dalam pasta gigi terkandung kalsium karbonat, magnesium karbonat, pewangi, disinfektan, pewarna, dll. Saat menggosok gigi, bahan-bahan ini melumuri lidah. Oleh karena itu, setelah menggosok gigi kepekaan lidah menjadi tidak karuan untuk sementara.
Keadaan ini akan berlanjut beberapa saat setelah berkumur. Ditambah lagi belakangan ini muncul pasta gigi dengan berbagai aroma yang mengakibatkan indra pengecap menjadi tidak karuan lebih lama. Oleh karena itu, kalau makan youghurt setelah menggosok gigi, youghurt akan terasa pahit. Kalau makan buah, gigi akan terasa dingin atau rasa buah menjadi tidak terlalu manis.


Kenapa setelah menggosok gigi kalau makan apapun termasuk jeruk akan terasa tidak enak??
Jawaban : Hal ini karena suatu bahan bernama Fluorine yang terkandung di dalam pasta gigi. Fluorine bila bertemu dengan ion hidrogen dalam air jeruk akan bergabung dengan cepat. Dalam sekejap, hal ini terjadi sehingga rasa berubah secara menyeluruh.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar