Jumat, 14 Februari 2014

Mengapa Mie Instan Bentuknya Bergelombang?


 Jawaban : Agar cukup dimasukkan ke dalam bungkus plastik yang kecil


       Jika kita membuat mie dari tepung dan menggorengnya dengan minyak, maka kandungan air di dalam mie akan menguap sehingga bagian dalam mie akan berongga. Jika kemudian mie dikeringkan dalam keadaan seperti ini dan lalu diberi air panas, maka air akan kembali mengisi rongga di dalam mie,
dan mie akan kembali ke keadaan semula. Jika ditambahkan kuah berbumbu maka jadilah hidangan mie yang lezat. Mie yang menggunakan prinsip seperti ini adalam mie instan.

     Pernahkah kalian mendengar istilah sekali dayung dua tiga pulau terlampaui? Istilah ini dipakai jika dengan satu cara kita mendapat keuntungan lebih dari satu. Bentuk mie instan yang bergelombang juga begitu. Pertama-tama bentuk mie instan yang bergelombang memungkinkan produsen mengemas mie dengan jumlah yang lebih banyak dengan bungkus yang kecil. Selain itu bentuknya yang bergelombang juga membuat mie tidak mudah hancur.

     Mie yang tidak bergelombang mudah patah dibandingkan mie yang bergelombang. Ada lagi keuntungan yang dimiliki mie bergelombang, yaitu lebih cepat matang ketika dimasak. Hal ini disebabkan oleh rongga-rongga di adonan mie dapat dimasuki oleh air panas sehingga lebih cepat matang merata.


Kapan mie instan pertama kali dibuat?
Sekitar 50 tahun yang lalu seorang koki di Jepang tidak sengaja menciptakan mie instan saat sedang membuat mie goreng. Sejak itulah mie instan dikenal dunia.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar