Sabtu, 15 Februari 2014

Apakah Penglihatan Kita Akan Memburuk Jika Menggunakan Kacamata?

Jawaban : Kacamata tidak dapat mengubah daya penglihatan kita, hanya membantu.

     

     Banyak pemakai kacamata yang daya penglihatannya memburuk ketika memeriksakan matanya untuk kedua kalinya. Tapi sebenarnya hal ini bukan disebabkan oleh pemakaian kacamata. Walaupun kita memakai kacamata pada masa pertumbuhan, pemakaian kacamata tidak dapat menjaga daya penglihatan kita seperti semula.

     Rabun jauh disebabkan oleh menebalnya lensa intraocular sehingga menyebabkan fokus pada retina tidak sempurna. Namun karena masa pertumbuhan pasti menyebabkan daya penglihatan kita sedikit menurun, maka pemakaian kacamata tidak dapat mencegah terjadinya rabun jauh. Selain itu kebiasaan yang menyebabkan mata cepat lelah seperti membaca terlalu dekat dapat mempercepat kerusakan mata.

     Pada saat masa pertumbuhan dianjurkan memakai kacamata jika kalian memiliki gangguan penglihatan. Jika tidak, saraf mata akan bekerja lebih keras dan menyebabkan mata menjadi kelelahan. Memburuknya penglihatan setelah memakai kacamata juga dapat disebabkan oleh kebiasaan buruk.
Sebagian besar orang yang pertama kali memakai kacamata merasa penglihatannya membaik, sehingga lalai untuk merawat kesehatan matanya. Karena itu tanpa disadari daya penglihatan mereka telah memburuk.

  Nah, ini dia tips memilih kacamata :

1. Tentukan Anggaran
     Karena tidak selalu kacamata mahal itu bagus, maka kamu harus menentukan dulu budget kamu sebelum membeli kacamata. 

2. Pilih Lensa yang Tepat
     Lensa adalah hal yang paling penting dalam kacamata karena kesalahan memilih lensa mengakibatkan ketidaknyamanan pada mata.

3. Pemasangan yang Benar
     Biasanya setelah memilih kacamata yang sesuai, optician akan memastikan bahwa kacamata benar-benar nyaman di pakai di wajah kamu. Pada saat yang demikian, kamu harus memastikan bahwa kacamata yang kamu pilih nyaman di batang hidung dan pelipis kamu.

4. Sesuaikan dengan Bentuk Wajah
     Bagi kamu yang sangat memperhatikan penampilan, jika belum paham bentuk kacamata yang tepat untuk wajah kamu, maka cobalah berbagai model kacamata dengan frame yang berbeda sampai kamu menemukan bentuk yang cocok dan pas dengan wajah kamu.

5. Sesuaikan dengan Warna Kulit
     Untuk kamu yang berkulit gelap, sebaiknya memilih warna abu-abu, coklat, metalik atau putih tulang karena warna-warna ini akan membuat kulit kamu lebih cerah. Untuk yang berkulit sawo matang atau coklat pilihlah frame yang berwarna merah, abu-abu, coklat, hitam atau hijau tua sangat sesuai untuk kamu. Sedangkan untuk kulit yang putih, semua warna frame akan cocok kamu gunakan.

6. Sesuaikan dengan postur tubuh
     Frame dengan gaya kokoh, tebal, dan kuat atau sporty akan sangat cocok digunakan oleh kamu yang bertubuh atletis dan tinggi besar. Sedangkan kamu yang tinggi kurus ataupun mungil, gunakanlah frame yang ringan dan tipis.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar