Jumat, 14 Februari 2014

Apakah Nilai IQ Yang Tinggi Selalu Berarti Pintar?


 Jawaban : Hanya sedikit lebih unggul saja


 Kali ini Saya membahas tentang IQ, banyak orang yang berkata kalau IQ nya tinggi berarti pintar. Apakah benar? Nah, silahkan baca artikel di bawah ini...

     IQ merupakan satuan nilai untuk mengukur tingkat kecerdasan seseorang. Kecerdasan yang dimaksud disini adalah kemampuan berpikir dan mengolah informasi yang disediakan oleh lingkungan sekitar kita. Kemampuan ini diuji melalui berbagai tes dan hasilnya di simpulkan dalam bentuk angka.




     Akan tetapi hasil nilai IQ yang tinggi bukan berarti seseorang pasti pintar belajar. Nilai IQ yang tinggi hanya menunjukkan sedikit adanya keunggulan dibandingkan orang yang IQ nya lebih rendah. Walaupun nilai IQ kita tinggi, namun jika kita tidak aktif melatih perkembangan otak, maka nilai IQ kita pun akan menurun. Sebaliknya, orang yang rajin melatih otaknya akan naik pula nilai tes IQ nya. Otak kita merupakan organ yang sangat rumit dan belum banyak diketahui oleh para ilmuan sekalipun.

     Karena itu tidak adil rasanya jika kecerdasan seseorang hanya di ukur dari nilai tes IQ nya saja. Kecerdasan harus dinilai setelah mempertimbangkan berbagai macam faktor, seperti kemampuan untuk memahami, kemampuan untuk menilai, kemampuan mengingat, kemampuan berhitung dan orisinalitas berpikir. Walaupun nilai IQ seseorang tinggi, belum tentu kreativitasnya lebih unggul dibandingkan orang yang IQ nya lebih rendah.


Apakah IQ akan menurun jika usia kita bertambah?
Tentu saja kemungkinan akan menurun. Bagaimanapun juga proses belajar dan tingkat konsentrasi akan berkurang. Akan tetapi jika kita tetap aktif menggunakan otak sampai tua, maka bedanya tidak akan terlalu kelihatan.

1 komentar: